Tips merawat power bank agar tahan lama

1 Oct

Jika Anda pengguna smartphone, bisa jadi Anda bersahabat dengan power bank. Keberadaan power bank memang sangat penting, terlebih lagi bila Anda adalah seorang yang mobile.

Penggunaan power bank, dapat membantu Anda untuk menambah daya smartphone dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Karena pentingnya powerbak tersebut dan harganya yang boleh dikatakan tidak murah maka menjaga agar powerbank tersebut tidak cepat rusak menjadi sangat penting.

Bagaimanakah cara merawat power bank yang baik agar dapat tahan lama? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan power bank dengan baik dan benar, mengutip dari berbagai sumber dan pengalaman kami sebagai produsesn dari POWERBANK STORIO

Pertama yang perlu diingat adalah powerbank merupakan alat yang berisi Battery charger, sama dengan yang ada di gadget, smartphone anda. Oleh karena itu cara penggunaan, perlakuan dan perawatannya akan sama dengan cara anda merawat battery di gadget, smartphone dan Handphone anda.

Hal Kedua yang perlu diperhatikan adalah Kapasitas Powerbank, terutama saat anda ingin membeli powerbank. Powerbank yang baik dan dapat berfungsi maksimal kapasitasnya haruslah lebih besar dari kapasitas battery gadget/handphone yang akan di isi ulang, sangat disarankan minimal 2x dari battery gadget/hansphone anda.

Hak ketiga dan ini yang sangat penting dan selalu dilupakan oleh pemilik battery gadget, powerbank maupun semua alat yang menggunakan Battery yang dapat di isi ulang. Bahwa teknologi battery terkini memang tidak lagi perlu menunggu battery habis baru di isi ulang, teknologi terkini battery dapat kapanpun kita isi ulang. Hal ini yang sering membuat banyak orang mengisi ulang battery nya walau masih tersisi 1/4 bahkan separo nya. Walau hal ini tidak dilarang, namun ini adalah salah satu penyebab “usia” battery (otomatis usia powerbank) akan berkurang dengan cepat. Kenapa? karena semua battery isi ulang memiliki apa yang dinamakan “life cycle”, yaitu suatu siklus antara battery di isi ulang kembali dari isi ulang sebelumnya. Rata rata battery isi ulang memiliki cysles sebanyak 500x.

Setelah memperhatikan hal diatas, berikut cara merawat battery powerbank agar bertahan lama, bisa juga diaplikasikan untuk merawat battery gadget/smartphone anda

1. Pengisian power bank hanya jika mendakati habis dan diisi sampai penuh

Pengisian power bank haruslah penuh sebelum digunakan. Mengapa? Agar dalam mentransfer energi ke smartphone Anda bisa dengan optimal. Apabila tidak penuh, maka pengisian tidak akan optimal. Pengisian Powerbank sampai penuh juga untuk memaksimalkan Cycles dari battery. Demikian juga isilah powerbank saat akan habis, jangan isi pada saat masih bersisa 1/4 atau lebih.

2. Pengisian Gadget/Handphone lakukan saat battery gadget mendekati habis

Selalu gunakan powerbank saat battery gadget anda mendekati habis, jangan mengisi battery gadget anda saat batterya masih ada daya cukup apalagi masih ada seperempat atau separo nya. Isilah saat sudah ada peringatan pengisian, Selain akan memaksimalkan pengisian dari powerbank juga akan membuat battery gadget/handphone anda akan awet

3. Gunakanlah powerbank saat darurat saja

Ya, memang fungsi powerbank adalah untuk kondisi darurat, dimana saat battery gadget/handphone habis, anda tidak menemukan outlet listrik untuk mengisi ulangm disaat seperti itulah powerbank digunakan. Jangan terlalu sering menggunakan powerbank saat tersedia listrik didekat anda, karena ini akan mempercepat habis usia pakai powerbank, juga menurunkan kualitas battery gadget anda akibat tergantung dengan pengisian melalu powerbank.

4. Hindari pemakaian senter atau fungsi tambahan

Biasanya, ada beberapa power bank yang dilengkapi dengan sistem penerang atau senter atau fungsi lainnya. alangkah baiknya, hal ini ditinggalkan karena dapat mengurai banyak daya pada power bank.

5. Utamakan memakai kabel charger dan adaptor bawaan Gadget/handphone  untuk isi ulang Powerbank

Pada dasarnya powerbank fungsi utamanya adalah alat untuk menggantikan supply listrik sementara. Produksi powerbank lebih difocuskan pada fungsi tersebut. Sehingga kabel,connector dan adaptor bawaan Powerbank tidaklah menjadi barang bawaan standart powerbank yang berasal dari pabrik yang sama, yang terjaga kualitasnya. Oleh karena itu sangat disarankan memakai kabel bawaan Gadget/handphone anda untuk menghubungkan powerbank dengan Gadget/Handphone. Demikian juga adaptor, selama connector bawaan gagdet/handphone anda sesuai dengan connector usb powerbank maka sebaiknya gunakan Adaptor bawaan tersebut. Ini akan membuat kualitas pengisian powerbanbk tetap terjaga juga waktu mengisi ulang ke gadget/handphone juga sempurna karena kabel yang berkualitas

6. jangan sampai jatuh

Power bank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila power bank jatuh, biasanya akan secara langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

7. Hindari suhu ekstrim

Penyimpanan power bank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai. Apabila darurat, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus agar suhu pada power bank tetap normal.

Itulah 6 tips yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan power bank Anda awet tahan lama.

Sumber disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: